Minggu, 02 Desember 2012

ASI PERAH BUNDA

Tulisan kali ini cuma pengen share nih pengalaman ekye cyinnnn...suer bukan mau sok ngajarin...or riya gitu...ga ada maksud babar blas.. wong yang lebih pengalaman dan lebih hebat lebih banyak daripada saya.. Jadi pengen aja berbagi siapa tau bisa membantu...hehehe

Jadi begini..berdasarkan pengalaman yang lalu..iya waktu zaman neng zahra dulu saya sempet kebobolan ... si neng kena susu formula.. karena waktu itu saya yang baru pertama kali punya anak ini masih miskin ilmu per-ASI-an dan susu perah itu ga awam kaya saat ini .. jadilah pas anak pertama dibilang kuning PANIKnya setengah mati.. ampe ada adegan kaya sinetron2 gitu (diriku nangis2 lebay deh).. pas DSA nya menyarankan untuk di OVen (istilah aku) padahal mah disinar biru aja... ya udah MANUT aja dan pasrah... nagh pas itu lagh bundanya drop baik mental dan fisiknya.. keluarga juga ga ada yang mendukung.. jadi pas dibilang perlu banyak minum hiks2 dengan berat hati kami menandatangani surat persetujuan pemberian SUFOR... ish kalo inget saat itu sebell... kenapa sih ga ada yang kuatin bunda... buat tetep kasih ASI dan berjuang buat kaka zahra kasih ASI Eksklusif... tapi ya itu kan udah jalannya kakak zahra kali ya... so pas dede bila ini lahir,  jauh sebelum persalinan, bunda udah MEMBULATkan tekad...harus bisa kasih susu ASI eksklusif, wong  kakaknya aja bisa ampe 2 taon ASI walaupun nyampur sama SUFOR... maka yang ini pun harus bisa 2 TAON dan tak tersentuh SUFOR.. soalnya udah belajar banyak...hehehe.. plus udah nanya2 temen2 yang mumpuni pengalamannya...

oke...pas lahir emang semua bayi akan kuning, so jangan panik mom... asal babynya dikasih minum terus plus dijemur pasti bisa terlewati masa2 kuningnya.. apalagi yang notabenenya si BABy beda golongan darah sama emaknya...bakalan lebih lama mencerna ASI katanya.. jadi pas dede bila kuning... ish ga perlu di-OVEN nak.. tenang ada ciptaan ALLAh yang dahsyat bin OKE, itu tuh si SINAR MATAHARI.. dijemur aja deh tiap hari.. dari jam 7 - 8 pagi.. minum susunya 1 jam sekali... kalo ga mau .. bunda bersikap TEGAS.. iya itu kaki dede bila di kelitikin.. pipi diciumin biar bangun terus nyusu deh... GA mau terulang lagi deh ekye kaya jamannya kakak zahra dulu.. NO WAY ...

Nagh, Alhamdulillah juga ketemu sama bidan yang OKE punya... pas bunda pulang dr klinik dikasih BOOSTER buat ASI nya biar ASI bunda oke punya.. itu kaya pil sari katuk apa ya namanya.. hmm kalo ga salah LAKTUSI.. terus bunda tiap hari makan katuk dan sayur2an yang memacu asi nya banyak.... dan selalu POSITIF THINGKING.. alhasil beneran loh alhamdulillah ASI nya banyaak... bangga mode on.. padahal belum nyobain JUS PARE (pengalaman bunda rieke katanya bikin ASI nya dahsyat produksinya)


berhubung bunda tau bakalan cutinya ga lama, so harus nyetock ASI kan pemirsah.. ya Allah bayangkan saja... dirumah kan cm punya 1 kulkas yang 1 pintu..nah itu bisa nampung cuma berapa ya.. ga sebanding deh sama produksi bunda.. belum diomeli2 sama bude atin karena doi ga tau mau naro barang2 kaya ikan, daging dll karena kepenuhan tuh ASI. Sempet galau juga.. berdoa semoga punya kulkas.. mau nyewa ya MAHAL rek.. terus mau BELI belum ada rejeki.. jadilah curhat via twitter eh beneran ada yang nawarin kulkasnya buat simpen ASI perah.. makasih ya mommy rafa.. tapi ya mikir ga enak juga numpang.. walaupun akhirnya bunda numpang juga sih...wakawakaka..cuma numpangnya sama mertua.. secara itu kulkas segede gaban di sana kosong melompong cuma batu es aja isinya.. ya wis setiap minggu bunda bawa 12 botol untuk titip di sana... eh delalah itu botol ko kurang ya.. mau beli .. ga punya uang sisaaan lagi.. eh inget ada BUNDA ZAYO yang dulu juga stock ASI PERAH yang banyaknya masya ALLAH deh (ratusan botol cyin) ... iseng2 BBM in.. eh beneran logh dipinjemin BOTOLNYA ampe 80 botol .... SUBHANALLAH... makasih ya bunda zayoo.... 

terus inget juga ga punya pompa...mau beli ya mahal...akhirnya mikir sewa aja.. tapi yang manual karena mikirnya kalo dibawa kemana2 ga perlu susyeh2 cari colokan...hehehe. Tapi ga ada yang nyewain... hopelesss... gimana ini...klo pake tangan dapetnya ga maksimal.. akhirnya curhat sama ayah... tolong tanyain temen2 nya di kantor... karena inget waktu ke kantor ayah ada perkumpulan ibu2 pemerah susu di musholanya..hehehe.. itu ibu2 pada ngumpul dibelakang pada merah bareng2...hehehe..ALLAHUAKBAR beneran ternyata malah dikasih pas ayah nanya.. cuma yang ngasih ga enak hati ampe nanya beneran mau kah? soalnya kan bekas... walah.. kan bisa disterilin mba.. jadi bunda langsung menangis haru dan BILANG MAUUUU.....terimakasih ya Allah...

baru sebulan pake eh pas direbus si pompa kelamaan direbus (soalnya waktu itu dede bila nangis terus dititipin ke mamake deh proses rebusannya) jadilah plastiknya meleleh.. hikss... nangis lagi deh bunda.. cuma ga mau nyalahin mamake .. nanti takut DURHAKA.. jadi cuma nangis dan curhat sama ayah... berdoa sambil search cari yang murah2.. eh inget tetangga depan punya pompa yang sama, iseng2 lagi nanya boleh ga dibeli pompanya.. padahal tadinya ga mau dijual, tapi ALLAH kan MAHA BAIK... digerakin hatinya tetanggaku itu.. jadilah ia menjual pompanya.. terus bayarnya boleh tempo alias ngutang lagi... Ya ALLAh perjuangan ASI PERAH buat dede bila ko ceritanya mpe kaya ngene toh,,,


Ini coba saya listing apa yang saya lakukan demi mengumpulkan ASIP-ASIP itu…
1 – Perah setiap 3 jam, kecuali pas udah malem. Males bangun tidur tengah malam buta. Tapi sebagai gantinya bangun jam 5 subuh, langsung perah. Maknyosss kalo yang ini. Sekali perah pernah dapet 200ml. Kebayang kan, hampir 3 botol kaca ASI itu sekali perah. Kalo menurut yang saya baca-baca sih, hormon okstitosinnya (bener nggak nih nulisnya? Tau degh, kalo salah ya maap) bekerja pada malam hari. Jadi pas bangun, payudara udah penuh si ASI diproduksi sama hormon itu. Makanya, begitu bangun subuh, pompa, langsung banjir euy.
2 – Perbanyak minum air putih. Setidaknya sehari 2 liter. Kalo pas di kantor sih gampang, tinggal sediain botol aja. Nah kalo di rumah ini yang susah, kadang males-malesan minum air putihnya. Hehehe, tapi percaya degh, tiap abis nyusuin itu yah, pasti berasa haus banget dan banget. Pasti abis nyusuin itu bawaannya air putih bergelas-gelas. Cobain aja.
3 – Jangan pernah ada susu pabrikan di rumah kita. jadi mikir kan kita anaknya minum apa kalo ga ada stock asi di rumah
4 – Jangan pernah berfikir kalo ASI kita sedikit. Banyak yang bilang emang kalo ASI is mind set game. Kalo kita mikir sedikit, ya dapetnya sedikit. Saya sendiri, mikirnya pasti ASI saya CUKUP. Nggak perlu berlebih, yang penting cukup. Cukup cukup cukup, insyaaAllah dicukupin rejekinya dari Allah.
5 – Perah dikala menyusui juga. Agak ribet sih, tapi melihat hasil yang gemilang nan kemilau, akhirnya saya keukeuh seneng sama nyusuin sambil pumping. Sebelah kiri nena (nenen bunda), sebelah kanan mompa. Jam berikutnya dibalik. Begituuu terus selama berbulan bulan. Akhirnya ya lumayan kok, setiap hari bisa defisit 1 botol. Dalam seminggu, defisit 5 botol yang nantinya akan di-balance di weekend.
6 – Kalo sempet ASInya drop, minum supplemen untuk boost ASI. Aku minum LAKTUSI. So far, saya sendiri lebih banyak makan apaan aja ketimbang minum suplemen-suplemen itu. It works juga kok. Soalnya booster ASI itu ya salah banyaknya adalah, hati tenang, nggak stress, nggak capek, happy, pokoknya yang seneng-seneng.
7 – Kalo pergi-pergi di weekend, tetep bawa alat pompa. Prinsipnya, pompa itu barang bawaannya wajib dan wajib. Blackberry boleh ditinggal (eh jangan deng kan sarana jualan bunda), tapi pompa nggak boleh tinggal. Hiyaaah! Pernah kok, mompa di mobil, on the way, Pokoknya, peralatan perang itu selalu kubawa kemana aja kalo perjalanan lebih dari 3 jam. Dan klo merah dimanapun...kalo dikantor berhubung ga ada ruangannya memerah (ya digudang, diruang rapat, di wc kering).. terus klo lagi jalan2 ya merahnya di masjid, di ruang menyusui.. di WC, di ruang ganti pakaian...igh dimana aja deh.. yang  penting oleh2 ASI perah buat neng bila ga boleh kelupaan.

8 – Perbanyak ilmu per-ASI-an, supaya nggak gampang dibodohin sama ketidakpengetahuan kita. Aseli, banyak yang nggak berhasil ASIX itu karena kurangnya pengetahuan akan per-ASI-an. Pelajari mitos-mitos yang suka dipake sama orang yang bisa ngacaukan perASIXan anak kita. Trust me, perbanyak baca dan baca tentang ASI, management ASIP, dan dunia yang berkaitan. Saya belajar ASI ini dari banyak dari internet juga kok, selain itu belajar dari temen-temen yang anak-anaknya udah pada lulus ASIX.
9 – Kalo lagi jenuh pumping, saya suka curhat sama suami. Atau mungkin lagi sedih kalo pendapatan ASIP hari ini dikit. Yah, pokoknya suami itu pasti jadi tong sampahnya saya. Segala-galanya saya tumpahin ke suami. Hehehe, namanya juga suami kan yah, kudu siap lahir batin sama kelakuan bini. Nah, pernah juga tuh, curhat di twitter, saking udah nggak tahannya jenuh pumping. Ternyata bener kan, banyak yang senasib sama saya, jenuh pumping.
10 - Pumping stock ASIP sedini mungkin. Kalo bisa pulang lahiran dari RS, langsung stock ASIP degh. Hasilnya mungkin memang masih sedikit-sedikit, tapi kan kalo dikumpulin jadi banyak.

Yuk dilihat stock ASIP bunda.. (eh udah bisa cicil kulkas 2 pintu loh aku, Alhamdulillah harus giat jualan onlinenya.. soalnya cicilannya masih lama cyin)


100 botol

buat neng bila tersayang

stock susu

ati2 ya mom...klo isi jangan berlebihan sebatas garis pada botolnya kalo ga kaya gini nih kejadiannya 120 ml susu nya terbuang percuma karena botolnya pecah...

klo mau diminum biasanya semalam sebelumnya udah bunda turunin ke bagian bawah biar mencair dan siap diminum neng bila

ada bagian terpisah.. itu gpp mom..sifat ASI yang homogen...



ini botol kacanya



Produksi ASI itu emang sudah diatur oleh Sang Pencipta. Seberapa besar anak kita membutuhkan, maka segitu pula yang akan di produksi. Kalo bahasa gaulnya ini bilangnya adalah, ada demand dan ada supply. Berlaku juga untuk ASI lho.

So, berikan yang terbaik untuk anak kita. Usahakan yang terbaik dahulu. Jangan menyerah. Tuhan sudah kasih rejeki anak kita melalu kita. ASI itu rejeki dari Tuhan lho, amanah yang harus kita sampaikan ke anak. Jadi, berusahalah demi anak. Percaya dan yakin bahwa ASI kita cukup untuk anak kita, itu kunci yang pertama. Kunci keduanya adalah berusaha sekeras tenaga suapaya kunci pertama pun bisa berhasil. Mana ada ya, hari gini rejeki turun dari langit, tanpa usaha gitu? Bokis namanya.
Mudah-mudahan, dengan postingan blog ini, buat busui yang lagi galau kejar tayang alias stripping ASIPnya, bisa kerja lebih keras lagi dan lagi buat si baby. Jangan ada lagi kata-kata di bawah ini yang suka bikin saya panas kuping…
“ASIku sedikit, walaupun di pompa, tetap aja dikit…”
“Situ sih enak, ASInya banyak…”
“Mana bisa sebelah pompa sebelah nyusu, nanti dia minum apa…”
“Nggak bisa nih, anakku minumnya banyak. Makanya kalo dipompa hasilnya udah dikit…”
Trust me, semua kata-kata diatas itu cuma pembelaan diri. Intinya sih pengetahuan kita tentang ASI ya masih sedikit, makanya bisa ngucapin kata-kata itu. Belum dicoba kok udah bilang nggak bisa? Bah, kalo pak suami saya udah ngomel-ngomel itu. Belum coba kok udah nyerah? Mana bisaaa?
Semoga share pengalaman ini bermanfaat buat semuanya yang ingin anaknya mendapatkan ASIX.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar