Rabu, 02 Januari 2013

BINGUNG PUTING

Hari ini bunda sedih banget soalnya dari kemarin (TAHUN BARU) dede bila lagi ngambek nena...hiks...udah feeling jangan2 dede bila BINGUNG PUTING.. dan ternyata setelah konsul dan baca2 (nambah ilmu perbendaharaan tentang ASI) gejala2 yang ditunjukin neng bila bener2 BINGUNG PUTING bukan karena hal mistis or ketempelan kalo orang KAMPUNG bilang.... so bunda lagi diuji kesabaran...keteguhan dan kedisiplinannya untuk balikin mood neng bila biar mau nenA... suer ini GALAU nya ngelebihin apapun secara target bunda minimal 2 tahun neng bila minum ASI. so demi target dan kebaikan neng bila berpuluh2 tahun yang akan datang alias futurenya bunda ambil cuti hari ini biar dede bila ga GALAU NENA (NEnen bundA...red) ke bunda lagi... Sedih juga soalnya perjuangan bunda untuk dede bila ga bingung puting ga didukung keluarga (mama dan bude atin) hikss... udah diumpetin itu DOT eh bela2 in beli or pinjem DOT orang lain.. APA?? bunda sampe nangis kaya sinetron gitu.. langsung aja cabut ngantor dan janji sama PAK BOS semua report akan dikirim malamnya asalkan boleh pulang cepet demi ASI DEDE bila....

Yuk.. buat mommy2 dan temen2 sekalian ini nih, arti dan cara mengatasi BINGUNG PUTING..

Bayi bingung puting (nipple confusion) adalah suatu keadaan yang terjadi pada bayi karena mendapatkan susu dalam botol yang berganti-ganti dengan menyusu pada ibu. Mekanisme ini terjadi karena cara menyusu pada dot sangat berbeda dengan cara menyusu pada susu ibu secara langsung. Menyusu pada Ibu membutuhkan kerja otot-otot pipi, gusi langit2 lidah, sebaliknya pada saat menggunakan botol bayi hanya cenderung pasif.
Nah anda harus tau apa saja tanda-tanda dari bayi bingung puting antara lain :
1. Bayi mengisap puting seperti mengisap dot
2. Mengisap secara terputus-putus dan sebentar-bentar.
3. Bayi menolak menyusu.

 

 Cara Mengatasi Bingung Puting di Usia 3-4 Bulan :

1. Menyusui sambil digendong, diayun-ayun disenandungkan. Terus tawari nenen.
2. Suasana ruangan harus sunyi sepi dan lampu juga jangan terang-terang banget.
3. Tawari nyusu langsung terus menerus setiap 15 menit sekali.
4. Pulang kerja secepat mungkin untuk langsung nyusui. Jangan makan atau ngapa-ngapain dulu. Mandi terus langsung susui bayi dulu. Biar dia ingat kembali akan menyusu langsung.
5. Jika tidak kerja atau libur bawa bayi kemana ibu pergi jangan ditinggal dan dikasih dot lagi
6. Kalau bisa stop pemakaian dot botol.
7. Jika tidak bisa distop, coba komunikasikan terus bahwa “kalo sama ibu, dede nenen langsung kalo ibu kerja dede nyusu botol”. Terus menerus kasih pengertian. Bayi itu sangat pintar.
8. Kalau bayi sudah menginjak usia 6-7 bulan dan dah kenal ibunya, ga mau sama yang ga dikenal. Biasanya bingung putting ini berakhir. Tapi tetap konsep pulang cepet dan libur bawa bayi kemana-mana jangan lupa. Kalo ngga si bayi mungkin bisa lupa lagi.
9. Mungkin bisa dicoba pake dot ortodentik atau search di internet sudah ada banyak dot yang ga bikin bingung putting. Mudah-mudahan benar dan ga hanya sekedar iklan. Dengan dot begini diharapkan hisapannya itu sama dengan waktu menyusu dari ibunya. Jadi ga terlalu mudah menghisap susunya.
10.  Bersabar & bersabar & tenang. Karena feeding is about learning. Kalau sang anak "kehilangan" teknik bagaimana caranya menyusu langsung dari payudara ibu, maka ia butuh
waktu utk belajar kembali menguasai teknik tsb. Beri waktu bagi sang anak, juga sang ibu.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar