Sabtu, 05 Juli 2014

TIPS N TRICKS Menghadapi persalinan (kehamilan 36W ke atas)

Assalamualaikum semuanya....

Belakangan ini bunda sering berbagi pengalaman bunda menghadapi persalinan dan kondisi di saat trisemester terakhir sama temen2 ataupun istrinya temen2 bunda waktu jaman SMA maupun lainnya .. kalo bunda suerrr seneng banget bisa berbagi pengalaman tanpa bermaksud mengajari atau sombong... dan cuma bgagi dan share biar ga seperti saya waktu anak pertama...huhuuhuhu sedih miskin ilmu... ga punya temen untuk share...dll.. jadi beneran buta dan ga tau harus ngapain.. pas kehamilan kedua baru deh ternyataaaa enak banget punya temen berbagi dll.. jadi menghadapi persalinan lebih nyaman..pasrah.. dan kuatt...

37 weeks
Oke.. pertama kali yang bunda tanya ke temen2 yang curcol adalah apa yang dirasakan ...terus banyak yang menanyakan hal2 di bawah ini...:

1. TAKUT bun...antara lain ketakutannya adalah:
  • Takut meninggal dan ga mampu bun..Tips nya bunda: pasrah kan saja sama Allah semuanya karena Allah yang tahu kemampuan mahluknya. Semua nya pasti bisa asal kita yakin kita bisa. Bunda aja waktu pas dede bila pasrah banget sama Allah, karena tau dalam Agama yang bunda yakini meninggal dalam keadaan melahirkan adalah SYAHID dan surga jaminannya.. Subhanallah betapa sayangnya Allah sama seorang ibu kan... 
  • Takut sakit dan nyeri. Tips nya bunda: Proses melahirkan pasti ga akan lepas dari sakit dan nyeri cuma ya diminimalisasi kan atau di alihkan ke lainnya. Jadi kalo bunda saat mules dateng ya bunda dzikiran, bunda nonton tivi, bunda tetep makan dan minum walaupun ga enak cuma ini penting karena pas melahirkan kita butuh energi. terus bunda dengerin mp3 alquran atau hal2 yang membuat bunda rileks.
  • Takut disalahkan.. Tips bunda: ga perlu takut setiap manusia ga ada yang sempurna, jadi klo pas kamu lagi ngerasain sakit2 nya dan mules2nya terus kamu tiba2 nyubitin, gigitin suami .. its oke sayang, karena menurut penelitian sakitnya melahirkan itu kaya 40 tulang dipatahkan secara bersamaan.. nah klo pelampiasanya cm gigit dan nyubit ya gpp kan... terus ga perlu ngerasa salah klo tiba2 pas ngeden kamu jadi pipis atau ikutan POOP.. hehehe. bahasnya vulgar nih bunda.. wong itu normal jadi dokter, bidan atau tenaga medis akan sangat memakluminya.
  • Takut ga percaya diri.. Tips Bunda: jauhi temen2, keluarga atau orang2 yang memberikan efek negatif pada mu.. suer ga ada guna.. soalnya yang terpenting saat ini adalah dirimu dan bayimu.. semua orang pasti bisa melahirkan normal.. bunda yang bayi 4,3 kg bisa normal.. temen bunda yang pernah operasi ambeyen juga bisa normal, terus banyak pengalaman lainnya yang ampe seminggu bukaan 1 nya tetep bisa normal kok.. jadi semuanya bisa.. trust me.. itu kelebihan mu sebagai wanita dari Allah.
  • Ga punya temen berbagi.. tips bunda: sini2 ada bunda disini.. yuk share pengalamanmu atau perasaan mu.. 
  • Ga ngerti cara melahirkan.. tips bunda: sering2 main di toko buku gramedia, atau toko buku lainnya banyak banget literatur melahirkan dan cara persalinan.. atu paling mudah sekarang adalah cek aja mbah GOOGLE.. suerr banyak banget ilmu bisa didapet di situ.. mau water birthing...lotus birth kaya bunda juga ada...
2. Apa aja bun persiapannya..
 Tips bunda: persiapkan mental mu yang paling pertama, klo udah punya anak maka siapkan mental anak mu untuk menjadi kakak... ajarkan padanya cara mencintai dan menyayangi adiknya agar ga ada perasaan ga adil pas kelahiran adiknya. terus persiapkan peralatan dan perlengkapan bayi.. bisa dengan membeli ataupun menyewa atau pakai lungsuran kakaknya.. terus abis itu siapkan tas yang akan dibawa nanti pas persalinan. dari mulai pakaian mu, calon baby, perlengkapan mandi, perlengkapan bayi until cemilan serta mp3 dan terpenting buku kontrol mu ya sayang...

3. Tanda-tanda mau melahirkan apa saja sih bun?
  • Keluar lendir bercampur darah dari vagina.
  • Kontraksi yang jaraknya semakin berdekatan.
  • Pecahnya air ketuban.
4. Gimana bun cara merangsang persalinan..
  • Aktif Bergerak.. bisa tetep melakukan aktifitas rumah, belanja ataupun ikutan senam hamil dan berenang.
  • Jalan Santai, Jalan santai dianggap aman untuk membantu pembukaan jalan lahir. Gerakan tubuh Ibu akan mendorong bayi menuju jalan lahir. Jaga supaya langkah Ibu tetap santai. Lakukan dekat rumah, untuk berjaga-jaga kalau terjadi kontraksi.
  • Birthing Balls berguna membantu bayi Ibu bergerak juga. Ibu bisa duduk di atas bola yang lentur dan lembut ini sambil menggerakan badan. Gerakan tubuh Ibu akan mendorong bayi ke posisi yang baik.
  • Jaga tingkat hormon Ibu!
  • Kenapa Perlu Berhubungan Seks Menjelang Kelahiran? Hubungan seks adalah teknik kuno yang jitu untuk merangsang kelahiran. Tapi jangan lakukan kalau ketubah Ibu sudah pecah. Karena dapat meningkatkan risiko infeksi. Cairan sperma yang keluar saat suami orgasse, bisa membantu melembutkan leher sehingga dapat melebar (terbuka).
  • Memijat Payudara terutama puting, dianggap dapat menstimulasi kontraksi, karena melepaskan hormon oksitosin. Pijat lembut daerah areola dengan telapak tangan selama 15-20 menit setiap jam. Lakukan beberapa jam setiap hari, agar hormon yang dilepaskan dapat membantu merangsang proses kelahiran.
  • Perlukah Pantang Makanan. Makan pedas tidak terbukti merangsang proses kelahiran. Teorinya adalah leher rahim dan sistem pencernaan berhubungan melalui jaringan saraf yang sama . Jadi dikhawatirkan kalau menstimulasi salah satu, akan mempengaruhi yang lainnya. Hati-hati! Jika Ibu menyukai makanan pedas, boleh saja, asal hati-hati jangan sampai perut panas dan sering buang air besar.
  • Minum Teh Herbal. Teh herbal dianggap baik untuk mengatasi mual, menstabilkan hormon dan menguatkan rahim menjelang persalinan. Tapi jangan minum teh ini sebelum kehamilan 34 minggu. Kalau mau, diskusikan dulu dengan dokter. Apalagi jika Ibu akan menjalankan operasi caesar, pernah melahirkan prematur atau trauma karena operasi caesar sebelumnya.
Dan untuk tips lainnya silakan cek di sini
Semoga bermanfaat ya... peluk kecup dari bunda zahra dan bila...

kehamilan 38 weeks tetep beraktifitas dan jalan2

2 komentar:

  1. Assalamualaikum, salam kenal bunda-nya Zahra dan Bila. Alhamdulillah tips-nya ikut melegakan dan menenangkan. Saat ini aku lg cari referensi positif krn lagi deg2an lebih tepatnya takut menjelang persalinan... Mudah2an tips yang bunda beri Allah ganjar pahala yah, Aamiin :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumusalam bunda erlina...

      Alhamdulillah kalo bisa membantu isi blognya ya bun, tetep semangat dan positif thingking ya... bantu doa dari sini biar persalinannya lancar dan bunda serta dede bayinya sehat semuanya.. Aamiin

      Hapus