Kamis, 24 September 2015

TRANSPORTASI DI BANGKOK (BRT - BTS - MRT - ARL - BOAT - TUK2 - TAKSI - UBER)

Assalamualaikum semuanya....

Kali ini bunda mau ngebahas transportasi yang bisa kita gunakan selama di BANGKOK ya... buat bunda BANGKOK ga beda sama Jakarta yang macetnya SUBHANALLAH...hehehe... tapiii BANGKOK lebih kerena dengan berbagai macam mode transportasinya... jadi bisa mempersingkat waktu kita menembus kemacetan kota BANGKOK yang aduhai itu...hehehe... dan Insya Allah aman semuanya kok transportasi di sini.
gojek pattaya nya bunda.. hihihi maksudnya di sana kita bisa sewa motor seperti ini loh... 250 baht seharian plus bensin cukup dengan 50 baht kamu sudah bisa pusing2 di pattaya seharian
Tips:
  • Kalo kamu mau yang simple di sana sekarang sudah ada kartu RABBIT CARD.. itu kartu seperti FLASH, E MONEY kalo di jakarta, Ini bisa kamu pakai untuk penggunaan BTS disana.. ada yang untuk ADULT, STUDENT ataupun SENIOR. Lebih simple buat bunda karena kamu ga perlu beli tiket setiap naik BTS, hanya perlu tap kartunya dan ga perlu tuker2 koin setiap beli tiket nya.. dan klo abis saldonya tinggal isi ulang di counter2nya yang udah ada di beberapa BTS. dan kartunya juga bisa digunakan untuk pembelian makan atau pembelian tiket MADAME TUSSADS loh.. (lagi2 promo2 ga berbayar ya...hehehe) silakan cek http://www.rabbitcard.com/en/page/special-promotions
  • Koin mu sangat berarti .. terkadang ada beberapa stasiun BTS yang tidak ada mesin untuk uang kertasnya jadi kita perlu menukarkan uang kertas kita dengan koin untuk pembelian tiketnya.
  • ga perlu takut ga bisa pakai mesinnya karena udah ada SOP jelasnya di tempat pembelian tiketnya dan kita juga bisa minta bantuan mba ticket atau petugas keamanannya ya...
Yuk cek mode transportasi di bawah ini ya...:

1. BRT..
BRT itu BUS RAPID TRANSIT SYSTEM (kaya buswaynya Jakarta)... sayang nya moda transportasi ini belum bunda coba karena memang rute2 yang dilewatinya bukan rute belanja atau objek wisata gitu... tapi kalo kamu punya waktu luang di Bangkok ga ada salah nya mencoba moda transportasi ini... silakan cek di http://travelawan.com/blog-travel/bangkok-brt-bus-rapid-transit-system-busway-nya-ibukota-thailand.html untuk detailnya ya...
 
BRT bangkok... gambar from blognya mas awan

2. BTS
ini kereta di atas alias SKYTRAIN gitu...kereta cepat yang sering banget bunda gunakan karena tempat2 wisata dll yang lebih mudah kita jangkau kalo kita menggunakan BTS ini.

tempat pembelian tiketnya
harga tarifnya
loket pembelian tiketnya
BTS bangkok... gambar dari blognya mas awan

tampak dalamnya
3. MRT
ini sama kaya yang di SINGAPORE, kereta bawah tanah... cuma kemaren bunda hanya masuk tapi ga jadi menggunakannya karena ternyata tempat yang bunda tuju lebih dekat deengan menggunakan BTS.. jadi naik lagi deh ke atas.
rute nya
tarifnya
4. ARL
ini setipe dengan BTS namun sayangnya jalurnya hanya PHAYATHAI ke AIRPORT suvarnabhumi, dan bisa menyambungkan dengan BTS PHAYATHAI... lebih cepat dibandingkan kamu naik taksi ya. tapi klo bawaan nya cukup banyak taksi lebih oke kamu gunakan.

koin tiketnya....
ARL nya

tampak dalamnya
5. BOAT...
di Bangkok ada 2 perahu ... ada perahu yang berbayar (ada warna bendera yang warna warni di perahunya biayanya sekali naik 40 baht bayar di atas kapal atau one day pass sebesar 150 baht bayar di loket) dan ada perahu yang free (ini bisa kamu pakai kalo kamu ke asiathique) . 

tempat naiknya nih....

jam operasional perahu free nya

perahu free
perahu atau cruise kalo kita mau makan malam di atas perahu ya...
gambar bendera dan penjelasannya...

perahu berbayar

ferry boat kalo kamu mau ke wat arun bayarnya 3 baht/orang
6. TUK2
wajib dicoba klo menurut bunda, ini semacam bajaj kalo dijakarta.. enak banget deh tapi jangan tanya gimana kecepatan si abangnya ya.. suerr berasa diajak balapan sama si abang.. buat bunda mengasyikan tapi buat ayah menakutkan...hehehe.... klo kamu mau coba tuk2 gratisan bisa dicoba tuk2 shuttle servicenya JIM THOMPSON HOUSE loh...hehehe

abang tuk2 nunggu customer
tuk2 free
tuk2 shuttle jim thompson
tampak samping
7. TAKSI
taksi di bangkok menurut bunda ga jauh beda sama di JAKARTA, tapi bedanya warna warni taksinya bikin menarik ada warna pink, kuning, ijo dll sayangnya taksi disini walaupun pakai argo tapi tetep kebanyakannya sistem tawar menawar ya... dan BAGASI nya lebih kecil karena ada tabung gas bahan bakarnya klo ga salah.  

warna warni

ada taksi ukuran besarnya jg nih.. tapi tarif juga beda ya...

deretan taksi depan hotel KC
Buat bunda klo kamu ga mau pakai tawar menawar silakan gunakan aplikas GRAB TAKSI di smartphone mu... lebih murah dan aman menurut bunda..

8. UBER
ini sama kaya di Jakarta cuma buat bunda WAH aja .. soalnya bunda bisa nyobain mobil pribadi kaya CAMRY ataupun fortuner tapi harganya sama aja klo bunda hop2 naik ARL mix sama BTS .. tapi enaknya ga perlu jalan jauh2 apalagi badan yang udah capek plus belanjaan yang banyak..hehehe... cuma ga kuatnya klo pas kena macet di BANGKOKnya...hehehe...so far abang supir uber nya baik2 walaupun terkendala dengan komunikasi ya...

cara pemesanannya silakan gunakan aplikasinya di smartphone mu ya...
uber bangkok

taksi ubernya bunda
9. BUS
bunda menggunakan bus ini dari BANGKOK KE PATTAYA dan buat bunda bus disini lebih bagus dibandingkan dengan bus di terminal pulogadung.. Bus nya bersih dan tepat waktu, ada toilet di dalamnya juga. 
bus go to pattaya
10. ANGKOT
di bangkok nama angkotnya itu SONG TAEW .. bentuknya kaya mobil kap terbuka sih...cuma pake penutup dan berhentikannya dengan mencet belnya.. enaknya juga bisa berdiri gt dipintunya hehhe nikmatin semilir angin dan bayarnya pun cukup dengan 8 baht perorang..
angkot bangkok
naik dulu ya bang
ayah yang ga berhenti tersenyum nikmatin angkotnya
kalo kamu butuh info tentang transportasi lainnya bisa cek detailnya di blog nya mas awan ya di

selamat menikmati transportasi di sana ya.... 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar