Selasa, 23 Agustus 2016

JALAN JALAN HEMAT KELUARGA KE CIREBON 4H3M (H1)

Assalamualaikum semuanya...
Alhamdulillah dikasih kesempatan sama Allah untuk bisa nyenengin anak-anak dan suami. Jadi ceritanya, pas pagi-pagi siapin sarapan dan bekel makan siang untuk kakak zahra plus ayah, si bude kasih kabar kalo menjelang hari kemerdekaan ada tiket PROMO (tiket kereta api eksekutif kemana saja cuma 17rb)... Awalnya ga percaya tapi berhubung bude minta dicariin tiket, begitu kelar tugas rutin pagi (baca: siapin sarapan, perbekelan, nganter kakak sampai dijemput kaka alip, dan lain2) langsung buka smartphone cek website nya si kereta api...daaaaaaaan bener cuma 17rb... tapiiii qadarullah rute yang diinginkan bude udah SOLD OUT semuanya...bude pengennya PP di hari yang sama JKT BDG. Nagh tadinya bunda juga pengen hal yang sama, tapiiiii bunda iseng dan dulu inget punya keinginan ke CIREBON buat ajak anak-anak wisata kuliner dan wisata sejarah juga... QADARULLAH beneran dapet naik ARGO JATI dan tinggal 4 tempat duduk....padahal pengen mesenin untuk mamake dan bude atin sekalian...jadi dengan ijin AYAH yang ditanyain sambil mandi bunda ngedealin itu tiket... dan makin bengong begitu dapet harga finalnya... satu tiket 17rb ditambah 7500 biaya admin dipotong diskonan 30rb total dibayar adalah 45.500 (itu harga total untuk berempat naik kereta eksekutif) .... langsung panas dingin dan lemes endingnya...hihii..kebiasaan bunda klo abis closingan tiket promo....
tiket promoan berempat 45.500
Abis bayar tiket itu baru deh kepikiran printilan dll.  Tapi bisa bunda pending, soalnya masih mikir ini untuk kesananya piye, dan Alhamdulillah ALLAH selalu kasih rejeki pas saatnya, saat bunda dapet arisan hihihi jadi walaupun ga banyak setidaknya bisa untuk printilannya. Langsung deh belajar sistem kebut, persiapan bunda kalo mau pergi... cek google tentang destinasi tempatnya (ada apa aja, apa aja yang bisa kita kunjungi, wisata kuliner, penginapan, itinerary dll)... Jadi selama 2 hari bunda udah kaya orang mau sidang, setiap selesai nyuci dan beberes langsung cek hape, setiap pas adik lagi main sama temen-temenya bunda langsung cek hape, setiap abis jemurin baju dan adek masih bobo langsung cek hape lagi... hihihi jadi ada waktu luang sedikit langsung belajar via google hihii..

Persiapan sebelum hari H (after "belajar kebut" ala bunda ya):
  • Bunda siapkan itinerary (dari hari pertama sampai hari keempat plus estimasi biaya yang akan dikeluarkan)
  • Bunda langsung cek tripadvisor buat cek destinasi wisata, hotel dan wisata kuliner yang oke di cirebon
  • Begitu semua nya dapet, laporan sama ayah (hihi udah kaya maju sidang sama dosen pembimbing berikut semua datanya udah siapin in case ayah akan nanya semuanya, tapi sih biasanya ayah cuma bilang "oke" kalo udah bunda hitung dan pikir dananya cukup)....hihii love u deh kalo gini sama ayahnya anak2... 
  • bunda booking hotel, booking tiket pulang, dan cari akomodasi selama disana.
Hmm... sedikit tips dari bunda nih...
terkadang apa yang kita inginkan ga semulus realita, maksudnya setelah itinerary dll dibuat (termasuk bookingan akomodasi)... masalah yang lain akan muncul...beberapa diantaranya adalah:
  • tentang Kakak gimana nanti ijin sekolahnya ya, soalnya takut jadwal travellingnya bentrok sama ulangan harian, kasian kan kakak kalo ujian sendiri nanti mentalnya piye (dan ALHAMDULILLAH dapet surat di BUKOM hari yang akan kakak ijin hanya akan ada perlombaan karena hari kemerdekaan dan ujiannya diundur minggu depannya)
  • Ayah susah dapet cuti karena lagi sibuk sama penyuluhan program pemerintah yang baru itu, dan itu harus dipikirin sama bunda karena POTONGANNYA BESAR banget karena ayah BOLOS kerja... hiks.. ALLAHUAKBAR injure time malah ayah diijinkan cuti, karena ada berita duka cita dari seorang yang sudah dianggap ayah sendiri oleh kami meninggal dunia 2 hari sebelum keberangakatan, jadi ayah harus terbang ke JOGYA dulu untuk proses shalat jenazah, pemakaman, dll lalu baru bisa pergi ke cirebon.
  • Ade bila qadarullah dalam kondisi kurang sehat, jadi selama perjalanan di cirebon perlengkapan yanag nempel dibunda adalah termometer, parasetamol syrup anak, cairan pengganti kaya oralit, pamol sub, kompres.
Nagh klo ada masalah timbul menjelang keberangkatan, selain berusaha mencari jalan keluarnya pasrahkan saja sama Allah...

Oke back to topic ya... selama 4 hari 3 malem ngapain aja bun:
Hari Pertama
Berhubung dapet keretanya sore hari, anak-anak bisa acara lomba 17 an dulu di rumah, siangnya  mampir dulu di MCD drive thru buat bekel di kereta api, dan Alhamdulillah dapet DISKONAN 17an...buy 1 get 1 paket burger (jadi kemarin kira2 1 paket cuma 17ribu, udah dapet burger, kentang, minuman no soda, dan merchandise red ball dan merchandise lainnya dari MCD).. terus sampai di Gambir ternyata waktu nunggunya masih lama, dan bisa tuker dulu kupon 17an starbucks sambil nunggu kereta. Alhamdulillah jadi 17an kali ini, bunda diskon mode on dapet banyak diskonan 17ribuan dari kereta api, mcd sampai duduk duduk cantik di starbucks...hihihihi..
di Gambir udah bisa check in Mandiri, ayah check in tiket 17rb promonya

kakak zahra dengan starbucks promoannya

anak2 happy dengan mcd dan starbucks diskonan..hihi
ada yang ga sabar nunggu keretanya

3 jam perjalanan ada yang excited naik kereta eksekutif pertama kali, ga mau tidur sama sekali dan asyik nonton film kartu sepanjang jalan

penampakan kereta api Argo Jati

happy kids
Sampai di cirebon, nyobain makan empal gentong deket stasiun (EMPAL GENTONG PUTRA MANG DARMA salah satu rekomendasi dari bunda dan para blogger lainnya) letaknya di sebelah kanan dari pintu keluar stasiun cirebon kurang lebih 100 meter, tapi jam bukanya hanya sampai jam 20.00 dan sayangnya pas sampai di sana bunda udah keabisan, jadi nyobain empal gentong sebelahnya, tapi ini ga rekomendasi ya...rasanya biasa aja soalnya.

Habis makan malem langsung geret koper ke Hotel Mira (nanti bunda bahas ya detilnya tentang hotel ini) dan maunya sih naik becak jalan-jalan ke alun alun tapi qadarullah anak-anak kecapean jadi langsung istirahat dan bunda masih punya peer untuk cari rental mobil di cirebon.

Tips bunda:
  • Klo ada promoan tiket, buru2 cek websitenya dan kalo emang murah banget hayo langsung rundingan sama suami ga pake lama, soalnya langsung di ambil orang nantinya. Bunda pun, booking dulu sistemnya, nagh pas mau bayar (ada waktu 2 jam dari booking baru deh rundingan sama suami).
  • Kalo udah booking tiket promo, siapkan waktu untuk belajar tempat destinasi yang kamu tuju, dari akomodasi, transportasi, tempat yang dikunjungi dan makanan khasnya dll.
  • Bikin itinerary biar lebih terarah liburan dan budget mu.
  • Gunakan situs booking.com, traveloka.com, tripadvisor. com untuk cek hotel promoan.
  • Untuk kamu yang menggunakan jasa kereta api kaya bunda, siapkan makanan dan minuman (untuk cemilan di kereta), selimut dan jacket, bantal leher.
  • Hitung bagasi kamu, soalnya per tanggal 20 Desember 2015 pihak KAI menerapkan peraturan BAGASI lebih dari 20 kg akan dikenakan charge, dan lebih dari 40kg tidak diijinkan. Memang tidak seketat di bandara yang ada sistem timbang bagasi, namun sebaiknya koper mu tidak besar sekali karena akan dilirik oleh petugas pastinya. jadi tipsnya pake koper sedang, lalu pakaian di vacuum bag serta dipecah aja bawaan mu jadi backpack (masing2 bawa barangnya ya). kalo kaya bunda, kakak zahra udah bisa bawa backpacknya sendiri, dan kalo dede bila backpacknya bunda bawain plus tas jinjing bunda.
 Selamat berlibur yaaa....
Family time

2 komentar: