Minggu, 28 Agustus 2016

JALAN JALAN HEMAT KELUARGA KE CIREBON 4H3M (H3)

Assalamualaikum...

Bunda lanjutin lagi ya dari postingan sebelumnya...
Di hari ketiga di Cirebon, rute kali ini bunda bikin cuma di dalam kota Cirebon aja. Berhubung hari ketiga adalah hari Jumat, bunda udah request sama bapak drivernya untuk lebih pagi menjemputnya biar bisa shalat jumat di tempat yang diinginkan plus bisa early check in (bunda pindah hotel di hari terakhir).

Selesai check out di hotel mira, bunda langsung menuju hotel berikutnya (hotel bentani yang lebih deket stasiun, karena hari terakhir pengen stay dan leyeh-leyeh istirahat di hotel).

Rute hari ketiga:
  • NASI JAMBLANG MANG DUL..
Tadinya sempet mau ke nasi jamblang Bu nur yang lagi nge hits itu, cuma berdasarkan info yang bunda dapatkan, nasi jamblang dul ini lebih legenda dan lebih pas rasanya untuk warga lokal. So langsung memutuskan untuk melipir ke tempat ini. Letaknya di SEBERANG GRAGE MALL (deket perempatan besar) Jalan DR Cipto, tepatnya di sekitaran lampu merah Gunung Sari di dekat kantor BCA Gunung Sari. Nagh klo malam ada Nasi JAMBLANG BU PITRI yang wajib dicoba juga.
warung nasi jamblang mang dul persis dipinggir jalan

aneka lauk yang menggoda

porsi kalap bunda (pepes jamur, cumi, sate usus, tahu)
  •  WISATA SEJARAH KE KERATON KASEPUHAN CIREBON

Setelah perut kenyang sama nasi jamblang mang dul, dan mataharinya lagi SALE banget kemarin jadi bunda memutuskan rute keduanya adalah keraton cirebon saja. Keraton ini ga jauh dari Masjid Agung Cipta Rasa (ayah yang udah coba shalat di sini kemarin), masjid unik kalo waktu shalat Jumat yang  adzan ada 7 orang secara bersamaan. Yuk belajar sejarah sedikit tentang keraton ini:

KERATON KASEPUHAN yang terletak di Kelurahan Kasepuhan, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon merupakan keraton yang pertama sekali didirikan sekitar abad ke 13. Sebagai pusat pemerintahan Kesultanan Cirebon pada masa itu. Sebagai Keraton Kesultanan Cirebon yang pertama, Keraton Kasepuhan memiliki sejarah yang paling panjang dibanding ketiga keraton lainnya. Keraton ini juga memiliki wilayah kekeratonan yang terluas, wilayah kekeratonannya mencapai lebih dari 10 Ha. Keraton ini terletak di selatan alun-alun dengan Masjid Agung Sang Cipta Rasa di sebelah barat alun-alun. 

Pada masa awal didirikannya yang pertama kali dibangun adalah bangunan Keraton Pakungwati I. Keraton Pakungwati dibangun menghadap ke arah Laut Jawa dan membelakangi Gunung Ciremai.  Bangunan ini terdapat disebelah timur bangunan Keraton Pakungwati II. Banyak sejarah penting yang tersimpan di dalam keraton ini, serta benda peninggalan yang terdapat didalamnya seperti: sebuah tandu berbentuk makhluk berkepala burung dan berbadan ikan. Hal ini melambangkan “Setinggi-tingginya seorang pemimpin dalam kepemimpinannya tetap harus mampu melihat dan menyelami keadaan setiap rakyat yang berada dibawahnya”. 

Rentetan perjalanan panjang dalam membangun sebuah pemerintahan pada masa itu. Keraton Kasepuhan sebagai keraton yang pertama ada di Cirebon. Hal ini menunjukan betapa besar peran serta pengaruh budaya Cirebon dalam membangun ekonomi pada masa pemerintahan Kesultanan saat itu. 

Keraton Kasepuhan memang saat ini tidak lagi memegang dan menjalankan tampuk pemerintahan Cirebon seperti pada masa Kesultanan. Namun sebagai peninggalan budaya, Keraton Kasepuhan memiliki arti dan peran yang sangat penting dalam perjalanan panjangnya membangun budaya dan ekonomi Cirebon
HTM nya...dede bila free

menunggu tiket

gerbang masuk dan para guide dengan pakaian adat

family pic dulu ya

smile

hayo tebak apa ini?

pintu gerbang masuk keraton

mau kmana dulu  hayo??

sebelah kanan untuk barang-barang antik

sebelah kiri untuk museum kereta

kereta barong

kereta lainnya

repllika kereta barong

keraton

family pic lagi ya

silsilah

dalam keraton

keramik antic warna biru

keramik antic cokelat

pintu masuk museum barang barang antik

barang barang antik

alat music antik

senjata antic (debus)

guide nya kami

tempat minum antik

tempat duduk antik

pakaian berumur ratusan tahun

untuk acara turun Tanah

tempat foto favorit
ntuk detilnya silakan cek di http://www.seputar-cirebon.com/wisata-sejarah-di-keraton-kasepuhan-cirebon/

  • WISATA SEJARAH KE KERATON KANOMAN

Lokasi Keraton Kanoman berada di Jl. Winaon, Kampung Kanoman, Kelurahan Lemah Wungkuk, Kecamatan Lemah Wungkuk, tepatnya berada dibelakang pasar Kanoman. Lokasinya tidak terlalu jauh dari Stasiun Kejaksan Cirebon, dapat ditempuh sekitar 10-15 menit dengan menggunakan mobil pribadi, angkot atau menggunakan jasa ojek, Anda juga bisa menggunakan becak dengan waktu tempuh sekitar 20-25 menit.

Keraton Kanoman memiliki museum yang menyimpan berbagai benda bersejarah, seperti Kereta Perang Paksi Naga Liman dan Kereta Jempana dengan bentuk mirip seperti kereta pada Kraton Kasepuhan, Kereta yang terdapat di Krataon Kanoman ini di klaim sebagai yang kereta yang lebih tua. Bahkan kerata yang disebut-sebut merupakan duplikat dari kereta yang terdapat di Keraton Kanoman. Koleksi museum lainnya adalah aneka senjata seperti keris dan tombak, gamelan dan lain-lain.

Salah satu bangunan penting yang ada di komplek Keraton Kanoman adalah Witana. Witana berasal dari kata “awit ana” yang berarti bangunan tempat tinggal pertama yang didirikan ketika membentuk Dukuh Caruban. Dalam kakawin Nagarakertagama bangunan witana adalah berupa panggung kayu sementara dengan atap tanpa dinding tempat persemayaman raja sementara waktu. Sebagaimana kita ketahui, bahwa Cirebon adalah salah satu kota tua di Pulau Jawa. 


kakak zahra

pintu masuk

bagian dalam

bagian belakang

tempat bertapa

tempat melihat perahu

pintu masuk museum barang antik

pintu gerbang yang oke banget

spot keren

keramik kuno

keramiknya ditempel di tembok2

family pic lagi ya

Dan hari  ketiga di tutup dengan shalat di masjid merah PANANJUNAN dan Mie KOCLOK yang legendaris seberang masjid merah, untuk kelanjutan ceritanya nanti bunda share ya di posting kelanjutannya...selamat berlibur ke cirebon ya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar