Rabu, 09 Januari 2019

JALAN JALAN HEMAT KELUARGA KE 2 NEGARA (JOHOR-SINGAPORE) part 1


Bismillah ...

Bermula dari kursi 0 rupiah dari Air Asia, seperti biasa bunda Bismillah mencoba booking, Alhamdulillah dapet tiket murah ke Johor dan lanjut ke Singapore. Sudah diniatkan, semenjak hijrah, Bismillah no cc, jadi jalan-jalan kali ini pun kami sudah tak ada CC, jadi Bismillah saja menabung sedikit demi sedikit untuk tukar uang, dan mengumpulkan point untuk booking hotel serta apartemen via BnB. Alhamdulillah menjelang hari H semuanya sudah ready, padahal sempet deg-degan juga, kira-kira bisa ga nyenengin anak-anak tapi uang ga banyak. Minta bantuan anak-anak juga untuk berdoa terus sama Allah biar dikasih kemudahan ayah bundanya untuk menyenangkan mereka.
  
Jadi, tiket pesawatnya sudah bunda issued dari November 2017, (padahal debay belum punya paspor saat itu) dan untuk kepergian bulan September 2018. Kenapa bulan September, karena Alhamdulillah anak-anak dan ayah Ibnu, semuanya lahir di bulan September, jadi untuk menghindari perayaan ulang tahun dan lainnya, kami memilih untuk berlibur.
 
Punya 3 anak (2 kids and 1 infant) masih bisakah jalan hemat?? Insya Allah bisa, Namun tetap faktor kenyamanan anak-anak bunda utamakan ya. Travelling kali ini, kami berangkat tanggal 13 September sampai 18 September 2018.

Hari pertama..
Johor - Hotel (transportasi by grab dan air asia)

Tiket promo yang bunda dapatkan, jadwal berangkatnya pukul 23.00, Jadi Alhamdulillah pada hari keberangkatan anak-anak masih bisa sekolah dan ayah pun masih bisa bekerja seperti biasa.
Bismillah berangkat (debay siap bobo di pesawat) dan Alhamdulillah kooperatif selama di pesawat

Alhamdulillah sampai
Bandara Udara di Johor itu bisa dibilang kecil, jadi kalo kamu berharap bisa tidur di bandara ini .. kayaknya sulit. Soalnya berbeda dengan Bandara Soeta ataupun Changi yang bisa dibilang Aman untuk tidur-tidur ayam atau menunggu sampai menjelang pagi. Kalo dihitung sebenernya tanggung banget sewa hotel, namun balik lagi karena perginya bersama anak-anak jadi kenyamanan tetap diutamakan. Dan Akhirnya bunda booking hotel type Family Room namun yang harganya ramah di kantong...hihihi.. plus sudah Free sarapan dan dekat dengan JB Sentral (jadi bisa hemat biaya sarapan dan ongkos taksi) plus bisa bobo nyenyak dan mandi air hangat..

family room 1 king size dan 2 single bed

Alhamdulillah ada coffee maker nya juga
Tips..
  • kalo penerbangannya dinihari kaya bunda, dan bandaranya cukup aman dan nyaman untuk sekedar bobo sebentar dan tidur2 ayam (kaya di Changi) ga perlu sewa hotel kaya bunda ya.
  • tapi klo bandara nya kecil dan ga aman untuk istirahat, sewalah hotel sesuai budget masing-masing (pertimbangkan juga jarak tempuh sebagai penghematan transportasi dan fasilitas sarapan sebagai penghematan biaya akomodasi lainnya)
  • Tetap kalo bawa anak-anak travelling, faktor kenyamanan anak diutamakan ya.

Hari kedua...
Johor - Singapore (Merlion dan Marina Bay)

Rencananya, mau naik taksi dari Johor ke Singapore. Tapi setelah dipertimbangkan biayanya dan kayaknya bisa untuk dialihkan untuk biaya lainnya selama di Singapore. Lalu kami berdiskusi dengan anak-anak, jadi anak-anak pun tau mengenai kelebihan dan kekurangan yang akan dihadapi dan akhirnya diputuskan kita mau naik BUS ke Singapore, jadi anak-anak pun nantinya dapat privelege tambahan belanja di smiggle (hihihi).

Buat yang nanya bagaimana cara naik bus dari Johor ke Singapore silakan baca ditulisan bunda ini
atau silakan cek di sini untuk updatenya ya. Dengan bawaan 2 koper (koper besar 1 + koper sedang 1), 2 backpack (ayah dan kaka zahra), plus stroller lipat plus tas belanjaan serbaguna bunda, semuanya bisa naik bus dengan nyaman. Dan Alhamdulillah, kalo hari Jumat lebih banyak yang ke Johor dibandingkan ke Singapore.
sebelum antrian imigrasi

Setelah sampai di Queen Street Terminal, untuk menghemat tenaga kami lebih memilih naik taksi untuk ke Apartemen yang kami sewa via air BNB..sampai di Apartemen, kami shalat dan makan siang, lalu meletakan koper dan jalan kembali untuk ke Merlion dan Marina Bay menikmati patung merlion, esplanade dan GRAN PRIX Formula 1.


formula 1

Bismillah, bunda pun merangkap job nya jadi GUIDE TRAVELLING untuk anak-anak

kalo kecapean, strollernya gantian dipake mba bila

dari bertiga-- berempat sekarang berlima.. spot tempat foto tak berubah..hihihi

happy kids

laser Show FREE

cakep masya Allah

Tips..
  • naik bus bersama keluarga bisa nyaman, karena standar bus di sana AC nya dingin-dingin dan friendly sama anak-anak, mungkin kurang nyamannya hanya perlu naik turun saat di imigrasi sambil geret koper, sisanya Alhamdulillah menyenangkan buat kami. Karena bisa bobo di bus selama 45 menit dengan enak..hihiih
bobonya udaaah ga kira2...hihihi kecapean mode on
  •  bawa pulpen sendiri ya, untuk pengisian kartu di imigrasi singapore.
  • koper nya diletakan secara tiduran ya apabila naik bus, biar ga mengganggu penumpang bus lainnya
  • siapkan membayar dengan uang PAS ya, klo uang mu masih dalam pecahan besar, silakan belanjakan dulu diminimarket terdekat
  • Nikmati semua prosesnya.. Insya Allah semuanya terasa Happy.. Jadi kalo anak-anak minta untuk istirahat, kami pun juga langsung duduk-duduk dulu sembari menikmati perbekalan yang dibawa ataupun jajanan disekitarnya
  •  
    capek... merumput dulu kita

    anak anak lagi nego, untuk main di playparknya

    kalo capek ya istirahat dulu seperti ini
  • Perut pun harus kenyang, agar tenaga lebih terisi dan mood terjaga.
menikmati es krim 1.5 SGD

makan siang perbekalan plus beli cemilan nya di sevel

  • Buat kamu yang ga terburu-buru perjalanannya, saran bunda naiklah bus SBS NO 170 dibandingkan CauseWay ya.. karena busnya lebih ramah untuk  yang membawa anak anak dan lebih luas untuk bawa koper.
ini penampangan bus nya


Hari ke tiga sampai hari terakhir, Insya Allah bunda bahas di tulisan berikutnya ya... Selamat berlibur...

spot foto yang oke

narsis dikit boleh ya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar