Rabu, 13 Februari 2019

WISATA GUNUNG GALUNGGUNG TASIKMALAYA

Bismillah...

Bila anda sedang berlibur ke kota Tasikmalaya, wajib datang ke salah satu obyek wisata alam Gunung Galunggung ini. Gunung Galunggung merupakan Gunung yang masih aktif di Indonesia. Gunung ini mempunyai ketinggian 2.167 mdpl terletak di Desa Linggjati, Kabupaten Tasikmalaya. Kurang lebih sekitar 17 Km dari kota Tasikmalaya.

Sejarah Gunung Galunggung
Gunung ini pertama kali meletus 1822, dengan memakan korban jiwa kuranglebih 4.000 jiwa. Lalu meletus kembali pada tahun 1894 dan korban jiwa sekitar 500-1000 orang. Dan terakhir meletus pada tahun 1982, gunung ini mengeluarkan lahar dan abu hingga sekitar 20 KM ke udara sehingga menyebabkan kabut abu setebal 3 cm dengan jarak 15 KM dari pusat semburan. Dari cerita papa mertua, pasir letusan dari gunung galunggung ini merupakan pasir terbaik untuk pembangunan gedung bertingkat dan lainnya, karena kandungan materialnya yang sangat bagus. Hingga sempat menjadi sumber penghasilan oleh warga sekitar tempat tersebut.

Obyek wisata di sana apa sajakah..
ada dua spot yang sangat menarik menurut bunda di tempat ini yaitu Kawah Gunung Galunggung yang berwarna hijau dan pemandian air panas Galunggung. Menurut supir yang membawa rombongan kemarin, wilayah ini merupakan spot favorit wisatan lokal dan mancanegara untuk pergantian tahun baru ataupun sekedar bermalam minggu.
monumen eruption galunggung

kawah hijau dari tebing 

Alhamdulillah alla kulli hal kemarin ditutupi kabut pas sampai di atas

Transportasi ke Gunung Galunggung
Bisa dengan kendaraan roda dua (motor) dan menyewa mobil pribadi (ini option yang bunda lakukan).

Berapakan biaya nya
perorang dikenakan 6.500, anak dibawah 5 tahun free, mobil dikenakan 2.000 dan motor 1.000 untuk parkir. Di luar biaya sewa hammock 15.000 atau ojek sekali jalan menuju kawah 30.000 per orang. Namun tidak ada pungutan lainnya.
ojek sampai atas .. cukup bayar 30 rb/orang dan nikmati sensasi terjalnya..hihihi

Berhubung kemarin bunda dan rombongan sudah kesiangan menuju ke sana, jadi bunda tidak mampir ke pemandian air panasnya. Hanya ke kawahnya saja, itupun sambil diselingi dengan gerimis kecil. 
monumen gunung galunggung

petunjuknya pun komplit

Alhamdulillah, udara yang sejuk plus pemandangan kanan kiri hutan dan sesekali monyet yang bergelantungan ataupun malah di turun ke jalan raya. dan tempat ini buka 24 JAM ...


Tips..
  • Bawa pakaian hangat, kemarin udara sejuk hampir dingin saat bunda bersama rombongan ke sana
  • Lebih enak kalo sewa mobil, karena jalannya berliuk liuk seperti di puncak
  • bawa payung kecil, preventif seperti kemarin bunda sesekali gerimis turun saat sampai di bibir kawah
  • kondisi baterai yang mencukupi, karena sayang kan banyak moment yang harus difoto (terutama saat menaiki 620 anak tangga dan pemandangan di sekelilingnya)

620 anak tangga
semangat

  • sediakan uang pas, karena tidak ada atm disana, jadi belanja minuman dan makanan serta oleh2 harus dengan uang cash (bunda favorit banget sama gula aren dan pisang di tempat ini)

pisang khas gunung galunggung
  • harga makanan dan minuman pun standar di warung-warung ini, jadi ga ngetok harga insya Allah.
harganya standar...popmie 10rb, air mineral 600 ml 5rb, gorengan 1rb

  • kalo sudah sampai tebing kawah, jangan lupa mampir ke view deck buat kamu yang hobi selfie dan mau menikmati pemandangan alam dari atas..

view deck (photo by instagram)

alhamdulillah alla kulli hal walaupun gerimis bisa sampai atas

debay pun berani naik sampai ke tebing kawah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar