Minggu, 17 Maret 2013

PERKEMBANGAN ANAK 4-5 TAHUN (KAKAK ZAHRA)

Dimulai dengan kegelisahan bunda minggu ini, banyak dapet laporan dari bude dan mamake kalo kaka zahra suka loncat-loncat di sofa tetangga, suka sembur2 makanan, sudah bisa berkomentar kalo diberitahu dan lain-lainnya yang bikin bunda harus ngelus2 dada. Bingung dan akhirnya ditumpah ruahkan ke ayah ibnu.
kakak zahra asyik nyanyi
 Akhirnya ayah menceritakan waktu dirinya masih kecil...ternnyyaaatttaaaaa ... zahra mewarisi plek2 kelincahan ayahnya dan sifat kritisnya si ayah .. dan jadi teringat mendiang almh mama dulu kalo cerita sebagaimana ga bisa diemnya si ayah ibnu... kalo ke mall pasti menghilang, ngumpet dibalik baju2 atau dibalik rok patung2 manekin... terus nanti si ayah itu malahan nyariin satpam untuk bantuin nyari almh mama dengan tenangnya, pdahal si mama udah panik kehilangan ...tepok jidat deh.... dan beneran si kaka zahra juga melakukan hal yang sama tapiiii ini di hypermarket pemirsah.. dan plek juga si kakak malah ke bagian information kasih tau kalo emaknya yang ilang...hadeuhhhh ada mah si kakak yang hilang wong baru 5 menit si kakak diturunin bunda dari troli terus bunda ambil kecap lah si kaka udah hilang entah berantah...masya Allah deh.. 

tapi karena udah di sounding sama almh mama kalo si kakak zahra dari tampang udah plek2an kaya ayahnya...jadi bunda ga kaget pas kaka zahra menuruni kejadian ayah yang hilang atau ceriwis minta ampun ga bisa diem... yah kan buah jatuhnya ga jauh dari pohonnya kan....

tapiiii sekarang bunda kuatir banget soalnya kaka zahra udah mulai gede.... dannnn bunda kan kerja kantoran, ga seratus persen yang megang si kakak... dan beneeran insting deg2an bunda jadi kenyataan ... yaitu si mamake dan bude kaga sanggup sama tingkah laku neng zahra... kalo sayakan udah disounding jadi dah prepare dari jauh2 hari ya... jadi kalo kelakuan kakak masya ALLAh ya tinggal inget2 dulu kelakuan ayahnya....

terus akhirnya setelah diskusi sama ayah mengenai kelakuan si kakak, kita flashback ke belakang... ternyata begini ya perasaaan almh mama dan papa jaaammman dulu ya... secara sama2 kerja dulunya terus anak ditinggal dirumah dan anaknya aktiiiiiffff banget... pantesan juga si ayah suka dapet sabetan dari papa dan almh mama karena mereka juga pasti terkaget2 liat tingkah pola si ayah jaman dahulu.
liat di tempat umum aja loncat2

di tempat umum suka manjat2...

bergelayutan

Berhubung kami ga pengen bikin traumatis ke zahra... dan pengen zahra dapet perlakuan yang tepat .. jadilah bunda banyak2 baca baik via buku atauuu googling di internet.... sempet terpikir apakah si kakak ini termasuk anak yang hiperaktif.... kalo bener berarti bunda harus bisa menanganinya.. 
ayah yang turun tangan kalo udah di tempat umum kakak ga bisa dinasehatin bunda
nagh kalo udah ga bisa turun dan ketakutan...si ayah lah yang jadi pahlawannya

Jadi sebenernya menurut hasil bacaan bunda nih....wajar banget anak aktif... dari pagi sampe malam menjelang bobo anak2 ga bisa diem dan selalu bergerak tanpa kenal lelah. Tetapi kita harus liat tingkah laku keaktifan mereka dan harus bisa bedain mana anak yang aktif atauuuu HIPERAKTIF...

ANAK AKTIF adalah anak yang memiliki kelebihan energi dan memiliki aktivitas gerak lebih tinggi dibandingkan anak2 lainnya. OTAKnya normal tanpa gangguan. Biasanya ini karena asupan makanan yang baik sejak dari kandungan.
Ciri2 anak aktif: 
1. Fokus (bisa melakukan suatu aktivitas like maen puzzle dan menyelesaikannya dengan baik secara tenang)
2. Beristirahat jika lelah.
3. Penurut dan mau berbagi
4. memiliki kesabaran dan tidak suka usil mengganggu orang lain
5. mematuhi apa yang dikatakan orangtua  contoh.. membereskan mainannya
6. bisa bermain dengan tenang dan jika berbicara suaranya tidak keraas

ANAK HIPERAKTIF adalah anak yang memiliki gangguan tingkah laku yang disebabkan oleh perkembangan otak yang tidak normal (ADHD = Attention Deficit Hiperactivity Disorder). Penyebabnya karan gangguan di kepala seperti pernah jatuh, terbentur keras, lingkungan, dan tempramen sejak lahir. dan ia tidak mampu mengontrol emosi dan aktivitas geraknya. ciri2nya sudah pasti kebalikan dari anak aktif ya..

Oke, cukup sudah kesimpulan bunda kalo kakak zahra itu adalah ANAK AKTIF (punya energi lebih dibandingkan anak lain) so bunda harus punya solusinya secaraaaaa kan ya beda gitu sama anak lainnya..

TIPS dari bunda:
1. Ajak anak menghabiskan energi yang lebih nya untuk kegiatan2 yang positif dan disalurkan dengan baik...

kalo ada rejeki bisa diajak ke lollipops or playground....seharian

playground....
berenang..
Tapi kalo kita lagi ga punya uang... tenang mommmss, harus kreatif kitanya...jadi ga boleh putus asa dibikin se kreatif mungkin aja mom...hehehe..bunda hemat bin cermat

ajak ke taman komplek terus maen boomerang kaya kaka zahra dan ayah gini... kakak pasti seneng plus dapet udara pagi yang masih bersih .. dan hasrat2 lari2nya tercapai
berenang di rumah pake kolam renang karet.. kalo ga punya bisa pinjem

ajak mewarnai mom...

atau main lari2an sama temen2nya...

atau pake tangga dirumah dibentuk macem2 biar hobi manjat2 atau naiknya terpenuhi

see kakak kecapean pas diatas tangga..hehehe

atau boleh loncat2 di sofa yang ga kepake....

 2. kasih makan makanan yang bergizi, jangan yang junk food...

kakak suka banget sushi.. ga perlu mikir mahal mom...cukup modal nori aja...terus pake nasi yang dirumah aja ... isiannya bisa timun or sayuran...bahkan si dadar telor...

kalo pagi2 susah makan, asal makan telor udah cukup deh..
3. Tawarin jenis aktivitas yang baru...
diajarin sama omnya di tempat nembak

pake senapan turunan dari eyang2
tetep diawasin dan dipandu sama ayah
diajak ke tempat fitness ayah...terus suruh nyobain treadmil nih...ampe rumah pasti langsung habis energinya..terus bobo deh...hehehe
Jangan kuatir mom, itu fitness  gratis ko... terus nembak juga pake peralatan turunan ...hehehe...

Tetep ya moms....sebenernya sesibuk apapun kita yang penting adalah kita tau perkembangan anak kita sendiri dan ga menyalahkannya.. INGET ANAK KAN TITIPAN...jadi kalo ada masalah muncul...harusnya kita cari SOLUSI bukan menyalahkan... yang namanya TITIPAN harus dijaga dengan baik...karena yang NITIP pasti ga kan nyusahin kita kan..heheh...

Hmm..ini sedikit ulasan perkembangan anak untuk usia 4-5 tahun ya moms....

Balita Usia 4 tahun;

Perkembangan fisik balita usia 4 tahun ditandai dengan kepala mulai membesar, ketajaman penggunaan panca indra meningkat, kebutuhan energi meningkat menjadi 1700 kalori perhari.

Perkembangan motorik anak usia 4 tahun ditandai dengan mulai dapat berjalan di garis lurus, dapat berdiri dengan satu kaki, sudah mahir naik tangga, dapat melompat setinggi 15cm, mampu melempar bola dengan baik, sudah mampu menulis beberapa bentuk dan huruf, sudah bisa memegang pensil dengan baik, dan dapat berjalan membentuk lingkaran.

Perkembangan kognitif pada anak usia 4 tahun dapat ditandai dengan kemampuan untuk mengenali kata-kata dan suara yang serupa, sudah bisa berhitung minimal sampai 20, memahami konsep ukuran, dapat memahami urutan kejadian sehari-hari, dan sudah dapat menyusun puzzle.

Anak usia 4 tahun sudah mulai mahir dalam hal bahasa. Mereka sudah bisa mengucapkan preposisi, posesif konsisten, membentuk kalimat dengan struktur rumit, mulai mneggunakan keterangan waktu dalam kalimatnya, paham intonasi kalimat sesuai konteksnya, dan sudah dapat menyanyikan lagu dengan syair yang singkat.

Perkembangan sosial anak usia 4 tahun ditandai dengan: senang bermain ke luar rumah, perasaan yang berubah-ubah, sudah mulai berteman, bisa bekerjasama dan berpartisipasi dalam kelompok, sudah bisa menelpon, dan mulai mengenal sahabat.

Balita Usia 5 tahun;
Perkembangan fisik balita lima tahun ditandai dengan ukuran kepala sudah menyerupai kepala orang dewasa, gigi mulai bertukar, tubuh sudah proporsional, dan membutuhkan energi sebanyak 1800 kalori per hari.

Perkembangan Motorik lima tahun ditandai oleh: bisa berjalan ke belakang, sudah bisa turun-naik tangga tanpa bantuan, sudah bisa jungkir balik, bisa berjalan di balok keseimbangan, sudah hapal beberapa huruf, dan mulai memanfaatkan tangannya untuk berbagai aktivitas.

Perkembangan kognitif lima tahun ditandai oleh bisa membentuk bagun datar, memahami konsep bentuk dan ukuran, sudah bisa menghitung sampai 50, paham bentuk angka, sudah bisa membaca jarum jam, dan menunjukkan semangat belajar hal baru. Bayi lima tahun sudah mulai bisa bercerita tentang kejadian yang dialami. Selain itu mereka juga mulai bisa paham tentang lelucon, dan hapal nama orang-orang terdekatnya.
Perkembangan sosial anak usia 5 tahun ditandai dengan: sudah bisa bersahabat, menunjukkan partisipasinya dalam kelompok, kebutuhan akan kepastian dan kenyamanan dari orang tua, suka menghibur orang lain, dan ingin menorehkan prestasi.

 Dan dengan bangga tanpa masuk RIYA dan TINGGI HATI, bunda senang KAKAK ZAHRA perkembangan usia 4-5 tahun baik (fisik, motorik maupun kognitifnya) SANGAT BERKEMBANG DAN BAIK.....

....love u kak

uhuy klo udah depan kamera ga kuatt gayanya cyinnn


Cuma semuanya pasti ga ada yang PERFECTO kan....soalnya si kakak masih pake "terompet" di umurnya sekarang ini....padahal udah segala cara bunda lakuin untuk ngilangin ini "terompet" (baca..minum susu dalam dot)


kakak dan dotnya....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar