Minggu, 05 Oktober 2014

BPJS... OH BPJS

Assalamualaikum semuanya...

Bulan Oktober ini diawali dengan "gatel" nya bunda yang melihat pengamatan BPJS dirumah sakit tempo lalu. Sebenernya ada yang mau bunda sampaikan bahwa ga ada salahnya sih sama BPJS tapi pelayananya kurang BANGET itu lebih tepatnya. 

Apa sih bun BPJS itu?? cek disini untuk lebih lengkapnya ya kalo menurut bunda intinya adalah iuran kesehatan alias asuransi kesehatan punyanya orang indonesia. Dulu alias beberapa tahun yang lalu setau bunda, saya adalah anggota ASKES (secara suami adalah PNS) terus untuk yang swasta adalah JAMSOSTEK .. nah pertahun 2014  semuanya dilebur sama pemerintah jadi BPJS ... baik yang tenaga kerja atau bukan bisa ikutan... jadi yang ASKES dan JAMSOSTEK otomatis jadi peserta BPJS, yang bukan tenaga kerja bisa jadi BPJS juga dengan mendaftarkan secara online maupun manual sesuai KTP nya di BPJS yang ditunjuk... dengan pembayaran iuran setiap bulan ke bank2 yang ditunjuk. 
kartu askes PNS (photo by google)

kartu BPJS terbaru (photo by google)

Tapi... makin ke sini kok makin pelayanannya makin ribet (alias banyak alurnya) ga segampang yang dulu... waktu belum jadi BPJS bunda hanya perlu beberapa step yaitu:
  • Ke puskesmas atau klinik yang dirujuk (klinik/puskesmas sesuai KTP domisili ya) terus minta surat rujukan. ini kalo penyakitnya udah parah dan ga bisa pake dokter umum.
  • Dateng ke rumah sakit yang ditunjuk
  • Daftar sebagai peserta askes
  • Dapet nomer antrian dokter, terus langsung nunggu dokternya, dikasih resep terus tebus di apoteknya .. selesai dan ga memerlukan waktu lama... 

dan sekarang bedaaaaa bangetttt.... 
  • Ke puskesmas atau klinik yang dirujuk (pas awal pembuatan askes/BPJS pertama kali biasanya kita menyebutkan klinik/puskesmas rujukannya) terus minta surat rujukan.
  • Dateng ke rumah sakit yang ditunjuk (sebaiknya langsung saat dikasih surat rujukan dari puskesmas/klinik), cek quota apakah bisa esok harinya kamu ketemu sama dokter spesialis yang dirujuk (karena sebagian dokter membludak pasiennya maka mereka punya quota tersendiri untuk pasiennya)
  • kalo sudah dapet quota, silakan antri dari pagi2... biasanya setiap rumah sakit punya syarat tersendiri di rumah sakit islam cempaka putih dari jam 2 pagi antrian untuk pasien bpjs dan untuk rumah sakit sari asih ciledug dari jam 4 pagi untuk ambil antrian nomer bpjs.
  • kalo sudah dapet antrian nomer bpjsnya, loket baru dibuka jam 7.30 untuk pendaftaran. jadi siapkan diri jangan sampai nomer mu terlewat ya..
  • di loket pendaftaran, siapkan surat rujukan dan kartu bpjs mu (untuk jamsostek dan askes ga perlu ganti kartu bpjs karena sudah otomatis, terus pindah ke loket bpjs untuk verifikasi.
  • antri lagi diloket bpjs untuk proses verifikasi...
  • setelah diverifikasi baru bisa ke klinik dokter yang dirujuk (berdoa yang banyak semoga dokternya ga membatalkan kedatangannya atau belum selesai jam prakteknya, soalnya pengalaman bunda udah segitu panjangnya tata cara tiba2 si dokter membatalkan kedatangan karena alasan yang tidak diceritakan dengan jelas)...
  • setelah antri masuk untuk diperiksa dokter yang paling lama cuma 15 menit, dokter akan memberikan resep lalu silakan ke loket coding alias loket pemberian kode bpjs kembali.. baru ke apoteker ...
  • dari apoteker akan dicek codingnya lalu ke kasir BPJS lalu kembali ke apotek khusus pasien BPJS untuk pengambilan obat (bismillah stock obatnya masih tersedia ya kalo engga harus tebus diluar lagi)...
Pengalaman bunda adalah 6 jam mengantri untuk 10 menit diperiksa sama dokter nya dari proses awal sampai proses pengambilan obat. Demi dede bila dan bunda yang sakit flu dan batpilnya ga sembuh2 udah hampir 2 minggu, dan diagnosisnya untuk dede bila batpil karena alergi makanya 2 minggu ini no kena asep2 dan ga mainan boneka dulu.

Tips dan trick untuk kamu yang mau melakukan proses BPJS di rumah sakit:
  1. siapkan minuman atau cemilan atau sekedar pengganjal rasa lapar 
  2. Jangan suruh pasien atau yang sakit ikutan proses antriannya ya... KASIHAN suerrr saya ga tega kemaren liat para manula atau yang sakit ikutan proses sepanjang itu... bolak balik ke atas ke bawah demi tatacara pelayanan BPJS di atas.. sebaiknya mereka stay tune dirumah aja dan orang lain yang melakukan tata caranya spt diatas ... begitu udah antri dokter diklinik baru mereka dijemput, dibawa ke rumah sakit.
  3. INGAT BPJS itu 1 dokter spesialis 1 Hari jadi kalo harus 2 dokter spesialis maka hitungannya 2 hari bolak balik spt tata cara di atas ya...
  4. saat masuk ke ruang periksa dokter sebaiknya pergunakan waktu semaksimal mungkin (nanya2 dll... karena prosesnya lama kan untuk ketemu dengan mereka)
  5. siapkan mental dan fisik karena dari pagi buta until siang hari biasanya baru kelar prosesnya...

Kalo ada yang nanya kenapa ga pake asuransi lainnya... maka saya bilang kebetulan asuransi kami beda, hanya untuk rawat inap Kecuali punya nya si ayah yang all cover. Terus sekarang sudah mulai di wajibkan bapak presiden kita itu, ada peraturannya ... baik PNS dan Swasta semua pegawai wajib memiliki BPJS dan ada sanksinya... (hasil kemaren si pak bos dpt sosialisasi)... atau lebih lengkapnya cek di BPJS wajib untuk semua.

Bismillah semoga pemerintah yang mewajibkan BPJS untuk semua makin meningkatkan pelayanannya... DANNNNNN menghargai KINERJA DOKTER/BIDAN/PERAWAT dan perangkatnya... kenapaaaa??? karena berita yang bunda dapet dari sahabat2 bunda yang dokter BPJS ... mereka cm dihargai 2000/pasien... EUDAANNNN kalah parkiran dan tukang jaga toilet.. pantesan mereka angot2an untuk layanin pasienn... semoga next time DOKTER dsb dihargai dengan PANTAS oleh pemerintah dan PASIENNNYA mendapatkan pelayanan yang baik serta OPTIMAL.. AAmiin...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar