Kamis, 12 April 2012

Umroh 2012 part 2

Saat umroh bukan hanya khusus beribadah di masjid-masjid saja tapi kami juga city tour. Kalo dari Medinah biasanya kita akan ke ke masjid quba.Kenapa sih ke Masjid Quba’ karena masjid ini memiliki keutamaan seperti diriwayatkan dalam hadis bahwa salat dua rakaat di masjid ini akan mendapat pahala yang setara dengan umroh. Wow siapa yang ga pengen dapet pahala seperti itu. Jadi dari Hotel biasanya kita sudah wudhu, jangan sampe batal ya wudhunya...terus kita shalat tahiyatul masjid dan dhuha deh.

persiapan mama sebelum city tour



Selepas dari masjid kalo mau belanja juga bisa banyak pedagang kaki lima ya. Tapi tetep ilmu nawar kudu dipake. Pedagang2 arab juga hebat kok bahasa indonesianya, kayaknya ini udah bahasa no 3 setelah bahasa arab dan bahasa inggris yang harus mereka kuasai deh. Hihiiiihihi..



Setelah dari masjid Quba biasanya kita diajak ke Kebun Kurma, kebetulan kita diajak ke perkebunan si tuan Abdul Aziz (dan ternyata beliau masih muda logh) Subhanallah emang deh dari 10 perekenomian 9 diantaranya dari jenis perdagangan yang bikin sukses. Katanya di perkebunan ini paling rame logh yang didatangi sama wisatawan. Tapi saran saya jangan beli disini soalnya harganya cukup mahal mending belinya di pasar kurma aja ya lebih miring harganya. Hehehe...maklum ibu2..cari kualitas yang sama bagus harga lebih murah. Berhubung saat kami umroh lagi musim dingin, sedangkan kurma berbuah di musim panas. Ya kami cuma liat-liat aja perkebunan dan pohon2nya aja deh. Lumayan juga bisa foto2 sama ayah zahra, istilahnya Pasca wedding lagh, lumayan juga hasil tripod ayah ini. Kalo di kebun kurma kita boleh cicip sepuasnya sampe kenyang asal jangan dibawa pulang ya... dari mulai kurma (apa aja deh dari kurma murahan sampe kurma nabi) terus beragam aneka cokelat...yummy...yang paling unik di sini juga ada kaki limanya logh..yang jual Hajar jahanam...(apaana tugh bun? nanti ya pm aja sendiri...hehe..edisi khusus dewasa dan sudah menikah soalnya...hehehe)

aneka jualan kaki lima...ada hati onta untuk obat asma loh....

padatnya di kebun kurma..kaya pasar...


eh boleh icip loh sepuassnyyaa.. HALAL....



bergaya di kebun kurma

gaya indiahe...di kebun kurma...pasca wedding

(hasil tripod ayah...pasca wedding)

Dari Kebun kurma kami mengunjungi Jabal Uhud apa sih Jabal uhud. JABAL UHUD adalah bukit yang mencintai kita dan kita mencintainya. Begitu Nabi bersabda soal Jabal Uhud, bukit kemerahan yang menjadi saksi gugurnya para Syuhada di Madinah. Ziarah ke Jabal Uhud telah menjadi menu PENTING bagi segenap jamaah haji/Umrah ketika berada di kota suci Madinah, dari mana pun mereka berasal. Karena begitulah Rasul SAW mengajarkan kita. Dan Ga lupa kita juga ke Jabal Magnet, merasakan tarikan magnet yang luar biasa...si mobil bisa mundur sendiri padahal mesinnya dimatikan.

makam para syuhada

peta jabal uhud

jabal uhud with mamake

ayah sayang di jabal magnet

Selepas dari city tour kembali lagi kita beribadah di masjid. Saran ku kalo mau belanja mending di Madinah saja. Karena pertokoannya lebih rapi dan gampang mencari barang. Banyak juga pasar kagetnya yang rata2 5 real-15 real untuk aneka obat2an herbal, kerudung, siwak, minyak wangi, gamis co dan ce, perhiasan2 imitasi dll deh sampe tas2 gitu. Dan enaknya juga kalo di Medinah harganya ga terlalu mahal di bandingkan kalo belanja di Mekkah. Kalo mau yang kaya carefour atau giant bisa ke BIN DA WOOD ya.. lengkap..terus tips saya kalo ga pengen belanja jangan pegang2 apalagi nawar nanti penjualnya bisa marah kalo kita ga jadi belanja dan mereka cenderung memaksa kita untuk belanja...kalo dia kesel sama harga tawaran kita bisa dikatakan BAKHIL alias pelit...hehehe...pengalaman pribadi nih...hehehe

tanggal 27 Februari siang kami sudah siap untuk melakukan umroh yang pertama miqot di Bir ali (tempat terdekat kalo mau miqot dari Medinah). Dan siap untuk meninggalkan Medinah menuju Mekkah...sedih dan seneng campur jadi satu. Sedih meninggalkan masjid Nabawi yang nyaman banget...masjid nya(walaupun buat cewe aga ketat pemeriksaannya ya...ga boleh bawa kamera...kamera digital maupun kamera hape,,,askarnya suka periksa detil beda banget sama askar tempat cowo yang lebih cuek.. jadi saran ku kalo mau taro kamera di KAOS KAKI ya..dijamin aman...jangan bawa botol air mineral yang gede juga klo masuk masjid nanti dibuang tugh sama askarnya). dan sedihnya juga udara di Madinah tugh sejuk banget walaupun kemaren 14 derajat dan anginnya gewde.. tapi suer deh nikmat banget...puncak kalah bo ... apalagi kalo pake raincoat buat ngangetin badan ...pas banget..gaya dan anget...hehehe... oh iya karena udara di sana ga karuan alias dingin tapi panas dan berangin...saran ku pake CREME 21 yang warna Orange itu TEWBEL2 biar ga kering kulitnya...pake lipbalm LABELO biar bibir ga terkelupas...siapin spray yang diisi sama air zam2 dan sering2 semprotin kemuka...biar ga kering..plus KACAMATA item jangan lupa ya...heheheh...
foto pengisian air zam2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar